Minggu, 14 Oktober 2012

Biasakanlah berpikir secara logika

Mungkin bisa berguna, Bapak kutip dari buku "50 ways of getting used to studying"

Biasakanlah berpikir secara logika

Dalam otak kita ada ingatan otomatis dan ada juga ingatan yang menggunakan logika. Melakukan aktifitas beberapa kali dan juga mengulang aktivitas yang sama akan membuat suatu ingatan yang disebut ingatan otomatis. lain halnya dengan ingatan logika, ingatan logika adalah suatu ingatan yang dapat mengembangkan pengetahuan baru yang lebih sulit dari pengetahuan yang sebelumnya sudah masuk dalam otak.

siswa siswi SD masih membutuhkan ingatan secara otomatis, sedangkan mereka yang semakin tinggi pendidikannya akan lebih membutuhkan pemikiran logika.

Kalau begitu, apa itu ingatan logika? silogisme adalah salah satu cara pemikiran logika. Ada 3 proses yaitu premis, minor dan kesimpulan. Contohnya, premis "semua manusia pasti meninggal". Minor "Cholsu adalah manusia". sehingga kesimpulannya adalah "Cholsu juga akan meninggal. Premis dan minor adalah alasan untuk menarik kesimpulan. Kalau menggunakan cara seperti ini untuk berpikir, pasti akan terus teringat di otak.



Jadi, berhentilah mengingat secara otomatis. Mulai sekarang cobalah untuk belajar mengingat secara logika, sehingga saat belajar kita juga harus mengetahui asal mula dan definisinya. Kalau sudah seperti itu, ketika mengingat tentang suatu hal, kita dapat mengerti dan mengingatnya dengan jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar