Sabtu, 01 Desember 2012

Hebatnya Bahasa Indonesia


Teman-teman ternyata bahasa Indonesia sangat hebat lho! Nah, kami sudah merangkumnya semoga teman-teman suka dan semakin mencintai Indonesia J



  • Dijadikan bahasa resmi ke-2 di Vietnam
Pada Desember 2007, pemerintah daerah Ho Chi Minh City, Vietnam mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahsa kedua secara resmi.  “Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,” kata Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad di Jakarta. Selain itu, para pemuda di Vietnam jsudah mulai merasa pentingnya mempelajari bahasa Indonesia.
  •  Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia
Banyak orang asing yang memiliki minat yang sangat tinggi untuk belajar bahasa Indonesia. Dan katanya ada 45 negara yang mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak lagi. Di Australia saja ada sekitar 500 sekolah yang mengajarkan bahasa Indonesia. 
  • Di dunia maya

a.       Wikipedia bahasa Indonesia menduduki  peringkat ke-26 di dunia dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia dan terbesar ketiga di Asia setelah Jepang dan Mandarin.
b.      Di wordpress, bahasa Indonesia merupakan bahasa ketiga yang paling banyak digunakan.  Indonesia juga merupakan negara kedua terbesar di sunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog.
c.       Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang paling banyak digunakan kelima di situs jejaring sosial Facebook setelah bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, dan Turki.
  • Bahasa dan musik Indonesia dikirim ke luar angkasa
Satelit Voyanger yang diluncurkan dengan salah satu tujuannya yaitu : Memberi tahu keberadaan bumi pada alien yang memiliki teknologi lebih tinggi daripada kita.Untuk memenuhi tujuan tersebut sebuah piringan emas berisikan 115 gambar beserta sebuah rekaman suara-suara seperti suara omabak, angin, kicauan burung, dll, serta musik dari berbagai budaya dan era yang berbeda, dan yang terakhir ucapan salam dalam 55 bahasa termasuk bahasa Indonesia.  Akan tetapi, jika pasokan listriknya habis tujuan diatas akan dibatalkan. 
  • Bahasa tersulit
Bahasa kita ini ternyata menduduki peringkat 3 dalam bahasa tersulit di Asia dan peringkat ke-26 di dunia. Berikut urutan bahasa tersulit di dunia : Bahasa Ibrani (bahasa kaum Yahudi), bahasa Yunani, bahasa Latin, bahasa Jepang, bahasa Korea, . . . ., bahasa Indonesia.
  •  Sudah dimulai sejak abad 7 masehi
Penyebutan bahasa Indonesia pertama dengan istilah “Bahasa Melayu” sejak abad ke-7 samapi ke-12. Kemudian bahasa Melayu digunakan menjadi lingua franca (bahasa pergaulan). Nah, bahasa Indonesia diakui secara resmi sebagai bahasa nasional pada saat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.
  •  Malaysia usulkan Bahasa Indonesia-Melayu sebagai bahasa komersial
Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia, Dr. Datok Sri Rais Yatim, mengusulkan bahasa Indonesia-Melayu sebagai bahasa komersial di kawasan Asia Tenggara. Setidak-tidaknya hal itu dapat diterapkan pada lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam, dan Thailand bagian selatan, katanya di pertemuan wartawan dan budayawan Malaysia-Indonesia yang berlangsung pada 23-26 di Gedung Tri Arga Bukittinggi.

Gimana hebatkan bahasa kita? Diluar negeri saja banyak yang suka bahasa kita, masa kita gak suka??? Makanya ayo cintai Indonesia!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar